Kamis, 11 Desember 2008

New Media end Changes





Media baru yang berciri digital memiliki beberapa keunggulan, seperti kecepatan, interaksi yang instan, dapat membangun komunitas, serta berjangkauan global.

Di era global ini teknologi digital dan internet kian berkembang pesat. Media baru ini telah mengubah cara berkomunikasi secara dramatis. Di mana saja, kapan saja, orang bisa mengakses informasi dari beragam platform secara simultan.

Jika dulu media biasa menggunakan komunikasi satu arah namun sekarang sebaliknya media berusaha menggunakan komunikasi dua arah, seperti televisi, radio, omline, mobile. Contoh peristiwa penembakan dan pengeboman di Mumbai yang justru dilaporkan oleh jurnalis warga melalui Twitter dan blog selama jam-jam awal serangan Mumbai 26 November 2008 lalu.

Terlebih saat ini, banyak orang yang membutuhkan informasi yang cepat untuk pembuatan keputusan. Kebutuhan informasi cepat ini difasilitasi oleh teknologi. Media baru, khususnya online dan mobile berkembang seiring dengan munculnya generasi digital yang lebih akrab dengan internet dan handphone. Sementara itu, media lama, seperti media cetak, menjadi lamban. Periodisasi koran 24 jam tidak cocok lagi dengan permintaan masyarakat dan dirasa kurang interaktif.

Namun media baru seperti online juga memiliki tantangannya sendiri, kecepatan yang menjadi keunggulannya tapi jangan sampai melalikan masalah akurasi sebuah berita. Selain itu copypaste dan plagiat merupakan problem besar dalam media baru ini. (Kmps)

Tidak ada komentar: